Dermawan Hidayat || Blog

Update Tutorial Teknologi Informasi

Thursday, September 27, 2018

Cara Install dan Konfugrasi SSH Server

shell,linux,linux indonesia,mikrotik,mikrotik indonesia, cisco, cisco indonesia, bpn, bestpath network, freebsd,freebsd indonesia,kpli klaten,BLC Telkom Klaten, wawan, dermawan hidayat, karaeng computer, SMK Negeri 1 Bulukumba

PENGENALAN

OpenSSH adalah sebuah versi GRATIS dari alat konektivitas SSH yang pengguna teknis Internet mengandalkan. Pengguna telnet, rlogin, dan ftp mungkin tidak menyadari bahwa password mereka ditularkan di Internet tanpa enkripsi, tetapi. OpenSSH mengenkripsi semua lalu lintas (termasuk password) secara efektif menghilangkan pembajakan koneksi, percakapan, dan serangan lainnya. Selain itu, OpenSSH menyediakan kemampuan tunneling aman dan beberapa metode otentikasi, danmendukung semua versi protokol SSH.
OpenSSH dikembangkan oleh Proyek OpenBSD . Perangkat lunak ini dikembangkan dinegara-negara yang mengizinkan ekspor kriptografi dan bisa digunakan secara bebas dankembali bisa digunakan oleh semua orang di bawah lisensi BSD. Namun, pengembanganmemiliki biaya, jadi jika Anda menemukan OpenSSH berguna (terutama jika Andamenggunakannya dalam sistem komersial yang didistribusikan) silakan mempertimbangkansumbangan untuk membantu mendanai proyek tersebut .
Langkah langkah instalasi dan konfigurasi openssh
1.Pertama install open sshserver dengan perintah di terminal
apt-get install openssh-server
Tekan Y lalu enter. Tunggu sampai proses instalasi selesai
2. Selanjutnya konfigurasi SSH Server. Setelah aplikasi terinstall, layanan SSH Server sudah langsung bisa kita gunakan melaluiport default 22. Jika ingin mengkonfigurasi SSH Server tersebut, edit file sshd_config yangmerupakan file konfigurasi utama pada SSH Server.
Dalam file tersebut, kita bisa merubah settingan default yang ada. Misalnya merubah port default.
nano /etc/ssh/sshd_config
3. Kita ubah port default nya, terserah anda mau isi angka berapa di sini saya isi angka 156 sebagai port nya dan permitrootlogin ubah menjadi “yes”
4. Setelah kita konfigurasi sshserver nya, sekarang kita remote server di computer client dengan memasukkan perintah.
ssh -p 156 root@192.168.22.5
Note: 156 adalah port nya dan 192.168.22.5 adalah ip dari server
Selesai beginilah tampilan remote ssh server di computer client

Mungkin sekian dari saya, semoga bermanfaat bagi teman teman jika mendapatkan kesulitan silahkan tinggalkan komentar yang ada di bawah. Terima Kasih!!!
Wassalamualaikum wr.wb

No comments:

Post a Comment