Dermawan Hidayat || Blog

Update Tutorial Teknologi Informasi

Wednesday, October 3, 2018

Cara Konfigurasi IP Address di Server Debian 8

shell,linux,linux indonesia,mikrotik,mikrotik indonesia, cisco, cisco indonesia, bpn, bestpath network, freebsd,freebsd indonesia,kpli klaten,BLC Telkom Klaten, wawan, dermawan hidayat, karaeng computer, SMK Negeri 1 Bulukumba

PENGENALAN

Assalamualaikum Wr.Wb
Pernahkah kalian menginstall system operasi linux debian dalam mode CLI ? bila pernah maka inilah hal yang sering terjadi pada anak IT khusus anak komputer jaringan. Mungkin hal pertama yang sering kita pikirkan adalah bagaimana cara memberi alamat pada komputer debian ini, atau dalam bahasa kerenya adalah IP Address.
Yang baru belajar menggunakan sistem operasi linux berbasis CLI (banyak perintah yang harus di pahami), saya sarankan untuk membaca dulu artikel saya sebelumnya mengenai Perintah Dasar Linux yang Wajib Untuk Pemula.

Langkah-langkah konfigurasi IP Address
1.Pertama Edit file interfaces yang berada di direktori /etc/network dengan perintah
nano /etc/network/interfaces

2. Bila kalian sudah mengetikan perintah di atas, maka akan muncul tampilan kurang lebih seperti gambar di bawah ini.

3. Ubah sedikit script yang ada di file konfigurasi (file interfaces), dengan keterangan :
“allow-hotplug” di ganti dengan “auto”, dan kata “dhcp” di ganti dengan static, lalu di bawahnya di isi dengan ip yang mau kita tentukan dan sesuaikan. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini. Bila terasa sudah tidak ada lagi yang mau ketik (selesai), silahkan tekan “Ctrl + x => y => Enter”. itu berfungsi untuk mengesave file yang telah kita edit.
IP KOMPUTER

address 192.168.42.221
netmask 255.255.255.0
network 192.168.42.0
broadcast 192.168.42.255
gateway 192.168.42.1

4. sekarang kita restart interfacesnya, agar bisa langsung di lihat hasilnya apakah konfigurasi kita benar atau salah, dan cara untuk merestartnya yaitu dengan mengetikan perintah
/etc/init.d/networking restart
Bila kalian mengkonfigurasinya dengan baik tanpa ada kesalahan, maka hasil bila interfacesnya di restart akan muncul tampilan seperti gambar berikut.

5. Dan untuk mengetahui apakah ip yang di setting kita sesuai dengan apa yang kita inginkan dalam penyetingan tadi, kita hanya cukup mengetikan perintah.
ifconfig

pada gambar diatas, bahwa ip dari komputer debian ini adalah 192.168.42.221 (sesuai dengan apa yang kita setting tadi)


Mungkin sekian dari saya, semoga bermanfaat bagi teman teman jika mendapatkan kesulitan silahkan tinggalkan komentar yang ada di bawah. Terima Kasih!!!
Wassalamualaikum wr.wb

No comments:

Post a Comment