Dermawan Hidayat || Blog

Update Tutorial Teknologi Informasi

Thursday, August 9, 2018

Transmisi Data Dan Kabel UTP



A. PENGERTIAN
Unshielded twisted-pair (disingkat UTP) adalah sebuah jenis kabel jaringan yang menggunakan bahan dasar tembaga, yang tidak dilengkapi dengan shield internal. UTP merupakan jenis kabel yang paling umum yang sering digunakan di dalam jaringan lokal (LAN), karena memang harganya yang rendah, fleksibel dan kinerja yang ditunjukkannya relatif bagus. Dalam kabel UTP, terdapat insulasi satu lapis yang melindungi kabel dari ketegangan fisik atau kerusakan tapi, tidak seperti kabel Shielded Twisted-pair (STP), insulasi tersebut tidak melindungi kabel dari interferensi elektromagnetik. Kabel UTP memiliki impendansi kira-kira 100 Ohm.

B. LATAR BELAKANG
Dalam sebuah komunikasi tidak pernah lepas dari sebuah jaringan. Dimana jarngan ini kita menggunakan media trnsmisi dapat menggunakan kabel ataupun tidak dapat dipandang oleh mata manusia yaitu wireless

C. TUJUAN
Dapat memahami media transmisi menggunakan kabel UTP

D. PEMBAHASAN

NIC Ethernet dan port pada perangkat jaringan dirancang untuk mengirim data melalui kabel UTP. Pin khusus pada konektor dikaitkan dengan fungsi transmisi dan fungsi penerima. Antarmuka pada setiap perangkat dirancang untuk mengirim dan menerima data pada kabel yang ditentukan di dalam kabel.

Ketika dua perangkat terhubung secara langsung menggunakan kabel Ethernet UTP, penting bahwa fungsi transmisi dan fungsi penerima pada setiap ujung kabel dibalik. Satu perangkat mengirim data pada satu set kabel tertentu dan perangkat di ujung kabel yang lain mendengarkan data pada kabel yang sama.

Dua perangkat yang menggunakan kabel berbeda untuk mengirim dan menerima dikenal sebagai perangkat yang tidak sama. Mereka membutuhkan kabel straight-through untuk bertukar data. Kabel straight-through memiliki pola warna yang sama pada kedua ujung kabel.


Perangkat yang terhubung langsung dan menggunakan pin yang sama untuk mengirim dan menerima, dikenal sebagai perangkat sejenis. Mereka membutuhkan penggunaan kabel crossover untuk membalikkan fungsi pengiriman dan menerima fungsi sehingga perangkat dapat bertukar data.

No comments:

Post a Comment